Walikota London Sebut Donald Trump Sebagai Ancaman Global







GELORA.CO - Walikota London Sadiq Khan melontarkan kritikan tajam kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. 

Melalui artikel yang dimuat di The Guardian, Khan menyamakan Trump dengan pemimpin Fasis abad ke-20. Bahkan, Presiden Paman Sam ke-45 itu disebut Khan sebagai ancaman global. 

Artikel Khan tentang kritik terhadap Trump ini terbit hanya beberapa waktu menjelang kunjungan kenegaraan Trump ke Inggris. Saat ini, Trump telah tiba di Inggris untuk membahas sejumlah persoalan termasuk isu keluarnya negara itu dari Uni Eropa (Brexit). 

"Di tahun-tahun mendatang, saya mengira kunjungan kenegaraan ini akan menjadi penyesalan yang cukup dalam, dan kia akan mengakui telah berada di sisi sejarah yang salah," tulis Khan dalam artikel itu, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (3/6). 

Dalam tulisannya, Khan mengecam sejumlah kebijakan Trump termasuk kebijakan imigrasi yang menurutnya memisahkan antar anggota keluarga, serta dukungan Trump kepada mantan Menlu Inggris Boris Johnson untuk jabatan Perdana Menteri. 

"Donald Trump adalah salah satu contoh paling mengerikan dari ancaman global yang berkembang," imbuh Khan. 

Khan dan Trump dikenal sebagai dua pemimpin yang sering terlibat perselisihan. Pada 2017 silam, setelah penyerangan teror di Jembatan London, Trump mengkritisi penanganan Khan atas insiden itu. Sebaliknya, Khan menyebut Trump kurang informasi terkait serangan yang menewaskan 8 orang tersebut. 

Lebih lanjut, dalam tulisannya Khan juga menilai Trump sebagai bagian dari fenomena kebangkitan 'sayap kanan' global ekstrem. Menurutnya, kelompok ini mengancam hak dan kebebasan yang telah diperoleh selama kehidupan liberal dan demokratis. [rmol]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: