Kisah Sehati, Nenek 90 Tahun Yang Terbantu Rantang Kasih







GELORA.CO - Tak ada yang ingin hidup sendiri di masa tua. Begitu juga nenek bernama Sehati (90) yang tinggal di Dusun Jajangsurat, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.

Selama belasan tahun Sehati hidup kesepian karena ditinggal wafat mendiang suami. Begitu juga tiga anaknya telah pergi menghadap Sang Pencipta mendahului dirinya. 

“Cuma ada tiga orang cucu yang masih hidup, tapi tinggalnya jauh. Ada yang di Rogojampi, ada yang Cluring. Yang tinggal di sini masih belum kawin. Tapi, rumahnya pisah," cerita Sehati saat menerima bantuan dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (4/6).

Meski lama hidup sendiri, Sehati mengaku tak pernah merasa ditelantarkan karena mendapat perhatian cukup besar dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. 

Diakui Sehati, selama ini dirinya selalu mendapat makanan gratis setiap hari dari pemerintah. Ia merasa sangat terbantu karena kondisi fisiknya memang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja mencari nafkah.

“Beruntung ada program Rantang Kasih, saya tidak perlu repot. Sangat membantu saya, makanannya enak. Kalau bulan puasa, makanannya dikirim sore hari. Jumlahnya sudah cukup untuk makan tiga kali sampai sahur," jelasnya.

Tak sekadar bantuan makanan sehari-hari, pemerintah daerah juga merenovasi tempat tinggal Sehati. Dari yang awalnya berbungkus bilik bambu, telah berubah memakai dinding tembok. Lantainya juga telah diplester dengan semen dan dilengkapi toilet.

"Alhamdulillah, sekarang sudah nyaman. Tidak bocor lagi kalau hujan," akunya dengan berbahasa khas Suku Osing, suku asli Banyuwangi.

Program Rantang Kasih merupakan program yang dicanangkan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, yang dananya diperoleh dari kolaborasi APBD Banyuwangi, Badan Amil Zakat, dan alokasi dana desa (ADD). 

“Tercatat 3.071 penerima program ini,” jelas Anas.

Anas berharap masyarakat Banyuwangi bahu membahu memperhatikan tetangga sekitar yang kurang mampu atau telah berusia tua. Dengan demikian program Rantang Kasih dapat menjangkau semua pihak yang sangat membutuhkan bantuan. 

"Sebelum sedekah di tempat lain, pastikan tetangga sekitar tidak ada yang kekurangan dalam menyambut Lebaran," harap Anas. [rmol]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: