Beredar Foto Plesiran, Setnov Langsung Dipindah ke Lapas Teroris dengan Pengamanan Maksimum







GELORA.CO - Beredar foto-foto terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto, tengah plesiran di Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (14/6/2019).

Foto yang beredar menunjukan sosok Setnov mengenakan topi dan masker tengah bersama seorang wanita yang diduga istrinya, berada di toko bangunan.

Buntut dari hal ini, Setya Novanto langsung dipindah ke lapas teroris dengan pengamanan maksimum.

Dalam foto yang diterima, Setnov tampak memakai kemeja lengan pendek putih dan celana panjang.

Informasi yang dihimpun, Setya Novanto bersama wanita tersebut berada di rumah pamer House of Roman di Jalan Panyawangan, Parahyangan Street Nomor 6, Kertajaya, Padalarang, Bandung Barat.

Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Tejo Herwanto kemudian melakukan pemeriksaan secara mendadak kepada Setya Novanto menyusul beredarnya foto-foto tersebut.

"Malam ini sedang pemeriksaan terhadap yang bersangkutan."

"Ini langsung dibuat berita acara pemeriksaan terkait info ini untuk ditindaklanjuti," kata Tejo saat dihubungi, Jumat (14/6/2019) malam.

Tejo juga tak menampik jika Setya Novanto meninggalkan Lapas Sukamiskin.

Lebih lanjut, Tejo menjelaskan jika Setya Novanto keluar untuk menjalani pemeriksaan di RS Santosa Bandung lengkap dengan pengawalan dari petugas kepolisian dan lapas.

"Hari ini yang bersangkutan keluar lapas untuk pemeriksaan kesehatan di RS Santosa Bandung."

"Dengan pengawalan melekat petugas kepolisian dan petugas Lapas," kata dia.

Seusai dilakukan pemeriksaan, Setya Novanto langsung dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur.

Sebelumnya, mantan Ketua DPR RI tersebut mendekam di Lapas Sukamiskin yang merupakan lapas koruptor.

Lapas Gunung Sindur yang terletak di Kabupaten Bogor merupakan lapas dengan mayoritas narapidana kelas kakap.

Mayoritas narapidana adalah kasus teroris, bandar narkoba maupun korupsi.

Pemindahan ini disampaikan oleh Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak.

Liberty juga menyebut, pengamanan di Lapas Gunung Sindur adalah super maksimum.

‎"Malam ini Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur supaya pengamanannya super maksimum karena menurut saya ini perlu dilakukan."

"Di Lapas Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme," ujar di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Jumat (14/6/2019).

Liberty juga membenarkan jika pemindahan Setya Novanto adalah buntut dari beredarnya foto mantan Ketua DPR RI tersebut di toko bangunan.

Namun, Liberty tegas membantah pemindahan Setya Novanto merupakan akumulasi dari kejadian sebelumnya.

"Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini," ujar dia.

Mengutip dari sumber yang sama, Setya Novanto izin keluar Lapas Sukamiskin pada 12 Juni untuk menjalani rawat inap di RS Santosa Bandung.

Setnov, sapaan akrabnya, baru kembali ke Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6/2019) pukul 19.00 WIB.

"Dia tiba malam ini pukul 19.00. Langsung kami periksa, di BAP. Enggak perlu menunggu BAP selesai, kami langsung pindahkan ke Lapas Gunung Sindur, pemeriksaan bisa dilanjut di sana," kata Liberty Sitinjak.

Setya Novanto kemudian keluar dari sel tahanan di Lapas Sukamiskin untuk pindah ke Lapas Gunung Sindur pada Jumat (14/6/2019) sekitar pukul 22.30 WIB.

Untuk diketahui, sebelumnya Setya Novanto juga kepergok tengah berada di rest area KM 97 dan di RM Padang RSPAD Gatot Soebroto.

Dikatakan Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Ade Kusmanto, Setya Novanto menjalani perawatan di RSAD Gatot Soebroto.

"Dengan diagnosa Arimia, CAD, vertigo, perifier, LBP, DMT2, dan CKD atas rekomendasi dokter lapas Susi Indrawati dan dokter luar lapas Ridwan Siswanto," ucap Ade melalui keterangan tertulisnya, pada Maret lalu.

Terkait beredarnya foto Setya Novanto tengah makan di warung Padang, Liberty meminta kepada siapa pun untuk membuktikan penyalah gunaan izin tersebut.

"Kalau ada yang bisa membuktikan kesalahan Setnov (makan di RM Padang) dengan penyalahgunaan izin, tunjukan ke saya hari ini juga. Saya periksa kepala Lapas dan semua jajarannya," kata Liberty di kantor Kanwil Kemenkum HAM, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (30/4/2019).

Lebih lanjut, Liberty mengatakan jika Setnov makan di rumah makan padang yang lokasinya di RSPAD Gatot Soebroto dan dalam rangka menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit tersebut.

"Kalau (makannya) masih di rumah sakit, saya salahnya dimana, kan yang ditemukan dia makan dimana, di rumah sakit kan. Apalagi dikawal petugas juga," ujar Sitinjak. []

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: