Begini Pengawalan Setya Novanto saat Berhasil Pelesiran ke Toko Bangunan







GELORA.CO - Lolos dari pengawalan dengan cara mengelabui pengawalnya, narapidana korupsi Setya Novanto pelesiran ke toko bangunan mewah di wilayah Padalarang. Bagaimana pengawalan Novanto saat itu?

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak menjelaskan jumlah personel pengawal Novanto yang berhasil pelesiran ke toko bangunan mewah. Setya Novanto sebelumnya memang berada di luar Lapas Sukamiskin dan dirawat di rumah sakit Santosa Bandung sejak tanggal 12 Juni 2019. Novanto dijadwalkan pulang pada Jumat (14/6).

"Kalau dari petugas kita kan memang kan sama dengan shift regu jaga, ya satu orang (pengawal)," kata Liberti saat dihubungi, Sabtu (15/6/2019) malam.

Apakah Novanto hanya dikawal petugas lapas? Liberti tak mau menjawab pasti.

"Kalau dari aparat itu silakan nanti ke Kalapasnya itu, kalau saya nggak salah ada. Kita kan selalu berkoordinasi," ucap Liberti.

"Saya nggak mau mengurusi internalnya yang lain. Saya kan hanya mengurusi internal saya. Nggak etis saya mencampuri," imbuh dia. 

Liberti menyebut petugas lapas pengawal Novanto sempat menjalani proses BAP Jumat (14/6) pukul 22.00 WIB hingga Sabtu (15/6) pukul 03.00 WIB. 

"Kan kemarin jam 10 malam diperiksa dia, berakhir jam 3 pagi. Itu kan karena sudah kelelahan. Dikasihlah dulu dia kesempatan untuk dia bisa istirahat. Senin kan dimulai lagi. Kalau kita paksa juga orang diperiksa sudah ndak kuat itu kan menyalahi aturan," jelas Liberti.

Novanto pada Jumat (15/6) sekitar pukul 13.45 WIB, meminta izin kepada petugas pengawal untuk ke lantai dasar guna membayar administrasi perawatan. Novanto dirawat di lantai 8 rumah sakit tersebut. 

Petugas, menurut Liberti, mempersilakan lantaran percaya terhadap Novanto. Saat Novanto minta izin, koruptor proyek e-KTP itu menggunakan kursi roda didampingi istri dan barang-barang mantan Ketua DPR itu juga masih ada di kamar.

Petugas pengawal lantas menunggu di ruang perawatan Novanto. Namun, sudah sampai sekian jam lamanya Novanto tak kunjung kembali ke ruang perawatan. 

"Saat dicek ke bawah ternyata enggak ada. Dia (pengawal) tunggu-tunggu, baru masuk atau kembali lagi pukul 17.45 WIB," kata Liberti. 

Sekembalinya ke rumah sakit, Novanto lantas dibawa ke Lapas Sukamiskin. Saat itu juga, Novanto dan pengawal diperiksa lantaran ditemukan kabar pelesiran ke Padalarang. Liberti lantas mengambil tindakan dengan memindahkan Novanto ke Rutan Gunung Sindur.[dtk]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: